Asuransi

Home Forums Diskusi PPh Asuransi

This topic contains 8 replies, has 7 voices, and was last updated by  Clint_17_301 1 year ago.

Viewing 9 posts - 1 through 9 (of 9 total)
  • Author
    Posts
  • #1299

    kadek_19_302
    Participant

    Ijin bertanya
    Dalam UU Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat(3) angka 6 disebutkan bahwa salah satu yang tidak termasuk objek pajak adalah
    Pembayaran dari perusahaan asuransi kepada orang pribadi sehubungan dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi dwiguna dan asuransi beasiswa;
    dapatkah diberikan beberapa contoh asuransi yang umum terjadi yang atas pembayaran dari perusahaan asuransi yg dapat dikenakan sebagai objek pajak?
    Terima kasih

    #1333

    Asa_21_301
    Participant

    Asuransi yang atas pembayaran dari perusahaan asuransinya termasuk objek pajak ya?

    Contohnya yang sering kita temui di bukti potong 1721 A1. Jaminan hari tua misalnya. Bila dibayarkan oleh pemberi kerja maka tidak boleh dibiayakan oleh pemberi kerja. Bila dibayar sendiri oleh pegawai, maka itu menjadi pengurang penghasilan nettonya. Nah ketika nanti jaminan hari tua ini dibayarkan oleh perusahaan asuransi, maka termasuk objek pajak.

    Secara umum, dapat dimengerti dari Pasal 4 ayat 3 angka 6 tersebut bahwa pembayaran dari perusahaan asuransi selain yang disebutkan berarti merupakan objek pajak. Misalnya asuransi kehilangan, ausransi kebakaran, dst.

    #1345

    Sugeng_33_302
    Participant

    Kalau asuransi jiwa. Kesehatan dan kecelakaan. Kan kita juga yang bayar premi mas.. tapi tetep masuk asuransi yang bukan objek pajak di spt….
    Atau mungkin karna waktu kita dpt asuransi diatas (Jiwa dll) kita sudah meninggal. Sehingga tidak termasuk objek pajak… atau bagaimana ya 😕

    #1346

    Asa_21_301
    Participant

    Kalo asuransi kecelakaan atau kesehatan kan ybs masih hidup mas. Kalau ditanya kenapa perlakuannya beda, ya itu ke pembuat undang undangnya sih. Hehe.

    Mungkin alasan kemanusiaan mas. Misal penumpang kendaraan umum (ada asuransi jasa raharja kalo ngga salah) kemudian kecelakaan. Pas pemberian dari pihak jasa raharja ke penumpang yang kecelakaan tersebut kan sifatnya mirip kayak santunan kemanusiaan, masa kayak gitu dikenakan pajak. Maaf kalo ngelantur jawabannya 😀

    #1403

    anto_36_301
    Participant

    Kalo asuransi dari penukaran gopoint gojek perlakuannya gimana gan?

    #1428

    kadek_19_302
    Participant

    Kalau dikaitkan dengan kemanusiaan, misalnya kecelakaan dan jiwa, tp kenapa beasiswa jg tdk termasuk objek pajak?
    Sebenarnya saya juga masih agak bingung dan berusaha menyimpulkan sendiri, apakah asuransi yang tidak termasuk objek pajak itu karena asuransi yang berkaitan langsung dengan pribadi dari orangnya tersebut ya?

    Semisal, asuransi kehilangan, asuransi itu bukan berkaitan dengan orangnya tersebut, tetapi lebih kepada barangnya, sehingga termasuk objek pajak. Bukankah begitu?

    #1568

    Thapa_09_301
    Participant

    @Asa, bukannya JHT yang dibayarkan perusahaan boleh dibiayakan oleh perusahaan tersebut ya sa?

    Sepemahamanku sih boleh dibiayakan kalau JHT dibayarin perusahaan.

    #1929

    Dine_11_302
    Participant

    saya mau tanya dong terkait asuransi keshatan.. beberapa perushaan asuransi terkadang kan memberikan layanan pengembalian premi msal 25% atau lebih apabila tdak ada klaim slma tahun tanggungan.. nah untuk pengembalian itu termasuk kategori penghasilan dan dikenakan pajak atau tidak?

    #1946

    Clint_17_301
    Participant

    Izin menanggapi, menurut saya ketika premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh WP ybs dikembalikan oleh perusahaan asuransi nya, maka wp tsb harus mengakui pengembalian tersebut sebagai penghasilan. Karena, ketika WP membayar premi tersebut (bayar sendiri,bukan dibayar kantor) WP boleh membebankan pembayaran premi asuransi kesehatan tadi sebagai pengurang penghasilan bruto nya.
    Terimakasih 🙏

Viewing 9 posts - 1 through 9 (of 9 total)

You must be logged in to reply to this topic.