Konsultan Pajak

Home Forums Lain-Lain Konsultan Pajak

This topic contains 8 replies, has 9 voices, and was last updated by  fati_16_301 6 months, 2 weeks ago.

Viewing 9 posts - 1 through 9 (of 9 total)
  • Author
    Posts
  • #1193

    devi_04_302
    Participant

    Bagaimana tanggapan teman-teman dengan jasa konsultan pajak yang ada di Indonesia sekarang? Berdasarkan pengalaman di lapangan, banyak WP yang bisa dikatakan terjebak dan mengeluh kepada fiskus karena telah mengikuti saran-saran yang diberikan oleh konsultan pajaknya.

    #1932

    Lintang_23_302
    Participant

    menurutku sih konsultan pajak sebenarnya bagus untuk membantu WP dalam menangani masalah perpajakan karena WP mungkin tidak sempat untuk mempelajari semua hal mengenai perpajakan. Tetapi konsultan pajak harus selalu diberi edukasi supaya selaras dengan DJP.

    #2748

    Rizky_38_3-02
    Participant

    Sisi baiknya bisa sebagai akslerator bagi WP untuk mengurus administrasi perpajakanya menjadi lebih cepat
    Sisi buruknya biss saja konsultan melakukan manipilasi data wp, berdassrkan penuturan salah satu teman yang bekerja di konsultan✌️

    #2763

    Martin_25_302
    Participant

    menurut pendapat saya, jasa konsultan pajak sangat membantu wajib pajak dalam urusan perpajakan dan memberikan informasi terkini terkait dengan peraturan, mungkin diperlukan adanya edukasi/ kelas pajak bagi konsultan untuk menyamakan persepsi tentang perpajakan.

    #2770

    Wahid_35_302
    Participant

    Izin menyampaikan pendapat. Dari sudut pandang WP, sebaiknya kita harus pandai pandai memilih menggunakan konsultan jika memang kurang puas dengan hanya berkonsultasi dengan AR kantor pajak. Kita harus selaraskan dan bandingkan saran dan langkah langkah yang diberikan antara AR dan konsultan yg akan kita pakai. Jika memang selaras dan dapat membantu masalah perpajakan kita secara positif dan tidak ada unsur “nakal” maka konsultan tersebut layak kita pakai jika perlu. Tapi sebaliknya, jika konsultan tersebut tidak selaras dengan aturan yang seharusnya dan membantu kita dengan cara yang kurang baik misalnya menyusun tax planning kita tak sesuai dengan aturan atau melanggar hukum pajak maka sebaiknya kita tidak menggunakan konsultan tersebut.

    #3901

    kalbu_32_301
    Participant

    menurut saya, konsultan pajak sendiri dapat dijadikan tax agent yang membantu DJP dalam melakukan edukasi terhdap WP. akan tetapi kanyakan di Inodnesia Konsultan nya tidak memenuhi syarat konsultan yang ditetapkan seperti syarat brevet. akan lebih baiknya jika Wajib Pajak menggunakan jasa konsultan pajak yang sudah terdaftar di DJP

    #3992

    hari_35_301
    Participant

    bagaimana cara kita tau bahwa konsultan itu sudah terdaftar di djp ya mas?

    #4000

    hanum_22_301
    Participant

    Untuk konsultan pajak, ada kartu izin praktik konsultan pajak melalui permohonan kepada DJP sesuai dengan PMK-111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak

    #4069

    fati_16_301
    Participant

    Saya juga sering mendengar keluhan WP, tentang bagaimana konsltan pajak itu mahal, dan setelah dia mau datang ke KPP ternyata AR biaa memberikan pelayanan yang sama dengan yang diberikan konsultan pajak. Tapu mungkin untuk WP besar konsultan pajak sangat diperlukan, mengingat AR menangani bukan hanya satu WP tapi ratusan.

Viewing 9 posts - 1 through 9 (of 9 total)

You must be logged in to reply to this topic.