Pajak atas hadiah atau penghargaan yang diberikan melalui suatu perlombaan

Home Forums Diskusi PPh Pajak atas hadiah atau penghargaan yang diberikan melalui suatu perlombaan

This topic contains 9 replies, has 10 voices, and was last updated by  fauz_15_301 9 months ago.

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)
  • Author
    Posts
  • #1601

    Dwi_06_301
    Participant

    Assalamualaikum wr. wb.
    Izin bertanya. Pajak atas hadiah atau penghargaan yang diberikan melalui suatu perlombaan terhadap orang pribadi dikenakan PPh pasal 21 sebesar tarif PPh pasal 17 yang dipotong oleh pemberi hadiah. Atas penghasilan yang sudah dipotong tersebut, perlakuan di SPT Tahunannya seperti apa? Apakah dimasukkan ke penghasilan neto?

    #1636

    mustafa_14_301
    Participant

    Wa’alaykumussalam warahmatullah

    Penghasilan tersebut ikut diperhitungkan pada akhir tahun (menambah penghasilan) dan atas pajak yang telah dipotong menjadi kredit pajak

    Terima kasih

    CMIIW

    #1638

    Rizky_38_3-02
    Participant

    Di spt tahunanya ditambahkan pada penghasilan bruto, yang kemudian dapat dikreditkan pph 21 atas hadiah perlombaan tersebut. Nuhun

    #1675

    Qadri_01_301
    Participant

    Penghasilan dari hadiah atau penghargaan dalam perlombaan digabungkan ke dalam penghasilan neto setahun. Atas PPh yang telah dipotong oleh pemberi hadiah/penghargaan dapat diperhitungkan sebagai kredit pajak untuk mengurangi pajak terutang.

    #1752

    kalbu_32_301
    Participant

    waalaikumsalam

    izin menjawab penghasilan atas hadiah atau penghargaan dijadikan sebagai penambah netto setahun dan atas pemotongan yg telah dilakukan dijadikan sebagai kredit pajak.

    #1754

    Dinu_20_301
    Participant

    Wa’alaikum salam
    ijin bantu menjawab, hadiah tersebut tergolong penghasilan dan objek pajak, dipotongPPh pasal 21sebesar sesuai tarif pasal 17 UU PPh dan dapat dikreditkan. penghasilan atas hadiah tersebut di masukkan dalam penghasilan neto lainnya.
    mohon koreksi apabila kurang tepat

    #1869

    anto_36_301
    Participant

    menambah penghasilan neto dan pajak yang telah dipotong bisa dikreditkan sis. menurut pengetahuan ane

    #1874

    wahyu
    Participant

    Merupakan objek pph 21

    DPP : tarif pasal 17 x bruto

    Di spt termasuk penghasilan lain2 (hadiah) , pada induk spt dimasukkan ke penghasilan neto lainnya. Pph 21 yg dipotong dapat dikreditkan

    #1878

    Sari_11_0301
    Participant

    assalamualaikum wr. wb.
    izin menambahkan…
    tergantung dari jenis hadiah nya;
    1. jika hadiahnya dari suatu perlombaan dan diundi maka dikenakan tarif pasal 4 ayat 2 sebesar 25% dari jumlah hadiah yang diterima. dan ini sifatnya tidak menambah penghasilan neto di SPT, dan tidak juga sebagai pengurang/kredit pajak
    2. jika hadiahnnya dari suatu perlombaan yang tidak diundi maka dikenakan tarif pph 21 (dikali tarif pasal 17), sifatnya menambah penghasilan neto di SPT dan dapat dijadikan sebagai kredit pajak/ pengurang.
    misal tuan X berNPWP menerima Hadiah lomba dari universitas juara 1, Sebesar RP. 10.000.000 (Sebelum dipotong pph) maka perhitungannya:
    5% x 10.000.000 = 500 ribu
    Rp. 10.000.000 sebagai penambah penghasilan netto di SPT dan RP.500.000 sebagai kredit pajak pph 21

    #1879

    fauz_15_301
    Participant

    Walaikumsalam…
    Izin menambahkan 🙂
    Pajak memiliki peranan penting dalam memembiayai negara. Hal ini mengakibatkan pemerintah wajib membuat strategi penerimaan negara dari sektor pajak. Salah satunya dari Pajak Penghasilan. Secara sederhana pajak penghasilan adalah pajak atas pertambahan kemampuan ekonomis subjek pajak. Salah satu tambahan ekonomis itu adalah hadiah undian.

    Hadiah undian adalah hadiah dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diberikan melalui undian. Pengenaan pajak atas hadiah undian diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 132 Tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan (PPh) Atas Hadiah Undian. Dalam PP tersebut dikatakan bahwa hadiah undian bersifat final. sehingga hadiah undian yg diterima oleh Orang pribadi atau badan tidak dapat dikreditkan.

    Namun ada juga hadiah lain yaitu:
    Hadiah atau penghargaan perlombaan adalah hadiah atau penghargaan yang diberikan melalui suatu perlombaan atau adu ketangkasan.
    Hadiah sehubungan dengan pekerjaan, jasa dan kegiatan lainnya adalah hadiah dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diberikan sehubungan dengan pekerjaan, jasa dan kegiatan yang dilakukan oleh penerima hadiah.
    Penghargaan adalah imbalan yang diberikan sehubungan dengan prestasi dalam kegiatan tertentu.

    Atas hadiah undian dikenakan PPh sebesar 25% (duapuluh lima persen) dari jumlah bruto hadiah atau nilai pasar hadiah berupa natura dan bersifat final.
    Atas hadiah atau penghargaan, perlombaan, penghargaan dan hadiah sehubungan dengan pekerjaan, jasa dan kegiatan lainnya, dikenakan PPh dengan ketentuan sebagai berikut :
    dikenakan PPh pasal 21 sebesar tarif PPh pasal 17 Undang-undang PPh, bila penerima Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri.
    dikenakan PPh pasal 26 sebesar 20% (duapuluh persen) dan bersifat final dari jumlah bruto dengan memperhatikan ketentuan dalam Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda yang berlaku, bila penerima Wajib Pajak Luar Negeri selain BUT.
    dikenakan PPh pasal 23 sebesar 15% (lima belas persen) dari jumlah penghasilan bruto, bila penerima Wajib Pajak badan.
    Saat Terutang, Penyetoran, dan Pelaporan

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)

You must be logged in to reply to this topic.