Rekonsiliasi Fiskal

Home Forums Diskusi PPh Rekonsiliasi Fiskal

This topic contains 9 replies, has 10 voices, and was last updated by  fauz_15_301 8 months, 2 weeks ago.

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)
  • Author
    Posts
  • #2718

    Thapa_09_301
    Participant

    Mau tanya tmn2… untuk nyamain pemahaman nih…

    1. Misal dalam akun retur penjualan Rp 400jt suatu perusahaan terdapat cadangan untuk antisipasi retur penjualan sebesar 70jt.
    Untuk rekonsiliasinya berarti dilakukan koreksi sebesar 70jt? Sehingga yg seharusnya dilaporkan sebesar 330jt?bener ngga?

    2. Misal dalam akun HPP sebesar 450jt, termasuk didalamnya retur atas pembelian bahan baku sebesar 20jt. Berarti ada koreksi sebesar 20jt sehingga yg seharusnya dilaporkan menjadi 470jt? Bener ngga?

    Trims…

    #2725

    arvin_6_3-2
    Participant

    selamat malam, menurut pendapat saya

    fiskal tidak mengakui adanya antisipasi retur penjualan, dalam fiskal hanya mengakui retur yang telah terjadi, sehingga

    1. yang dilaporkan sebesar 400 jt karena 70 jt adalah antisipasi retur dan hal tersebut belum secara nyata terjadi.

    2. iya benar untuk HPP yang dilaporkan 470

    semoga membantu

    #2741

    Rizky_38_3-02
    Participant

    Setuju sm mas arvin, dalam fiskal yang utama adalah yang sebenarnya terjadi, yg dapat dikunci dengan adanya nota, invoice atau semacamnya. Cmiww

    #3425

    kalbu_32_301
    Participant

    setuju dengan mas arvin, di dalam pajak tidak mengakui adanya cadangan, jadi jika terdapat cadangan dalam kompoen penjualan harus dikoreksi semuanya

    #3477

    hari_35_301
    Participant

    mohon ijin bertanya , apa yang dapat menjadi bukti bahwa benar terjadi retur? apakah cukup nota/invoice?

    #3655

    Yudith_38_301
    Participant

    Menjawab pertanyaan mas hari, kalau retur yang benar2 terealisasi, pastinya ada bukti nita retur, invoice, dsb yang menyatakan ada retur dari pelanggan. Mnrt saya bukti nota atau invoice sudah cukup ditambah dengan melihat laporan keuangan perusahaan.

    #3679

    Andy_19_301
    Keymaster

    setuju

    #3832

    uzi_02_301
    Participant

    menanggapi pertanyaan mas thapa, itu 400 juta sudah include cadangan retur belum ya? kalo misal udah , bukannya dikoreksi sebesar cadangan returnya ya? jadi fiskalnya 330 juta, bener ga ya?

    #3854

    puji_13_301
    Participant

    Betul mas, untuk no 1 hanya yang nyata nyata terealisasi returnya, karena pemupukan dana cadangan tidak boleh dibiayakan.
    kemudian untuk no 2. retur atas pembelian yang bernar benar terjadi harus dikurangkan dari HPP.
    cmiiw

    #3958

    fauz_15_301
    Participant

    kok saya bingung ya mas Thapa_09_301 …hehe mungkin rada sulit mencerna pertanyaannya. tapi menurut saya intinya return yang dapat diakui adalah yang sudah ter realisasi dalam hal apapun itu.

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 10 total)

You must be logged in to reply to this topic.